Pengunjung Blog



Inilah Proses Pembuatan Cincin Kawin Simpel Hingga Bisa Anda Beli

 


Sebuah cincin melalui proses pembuatan yang panjang sebelum menjadi perhiasan yang siap Anda beli. Termasuk cincin kawin simpel yang ingin Anda pakai sebagai simbol cinta selamanya. Meskipun desainnya simpel, namun proses pembuatannya panjang seperti cincin-cincin lainnya. Itulah sebabnya cincin custom harus dipesan jauh sebelum hari pernikahan. Paling tidak cincin custom dibuat dalam waktu 15 sampai dengan 30 hari. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini adalah tahapan dan proses pembuatan cincin simpel:

Membuat Desain

Tahapan pertama yang dilakukan adalah membuat desain cincin oleh desainer perhiasan. Jika Anda memesan cincin kawin custom, biasanya tahapan ini akan dibicarakan dengan pemesannya. Anda bisa menyampaikan apa yang diinginkan misalnya model, tambahan grafir, batu permata, dan lain sebagainya. Tenang saja, meskipun Anda tidak bisa mendesain atau belum memiliki bayangan desain yang cocok, pihak toko perhiasan akan memberikan rekomendasi. 

Membuat Tubuh Cincin

Tahap kedua yaitu membuat tubuh cincin atau yang lebih dikenal dengan istilah band. Pembuatan tubuh cincin berdasarkan desain yang telah dipilih. Biasanya cincin kawin simpel menggunakan desain lingkaran biasa seperti cincin-cincin pada umumnya. Tubuh cincin dibuat dengan logam berkualitas seperti emas kuning, emas putih, platinum, palladium, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih logam untuk cincin berdasarkan budget ataupun selera. Sebagian besar orang memilih emas karena berkualitas dan relatif terjangkau. 

Menyambung Lingkaran

Cincin berbentuk lingkaran ternyata harus disambungkan terlebih dahulu baru bentuknya seperti itu. Pengrajin perhiasan memakai solder khusus untuk menyambungkan logam. Harus ada bahan perekat dengan warna dan logam yang sama seperti tubuh cincin. Dengan begitu lingkaran cincin terlihat sempurna dan tidak meninggalkan bekas hitam. Setelah itu, cincin kemudian harus dilebur dalam asam agar hasil solder tersamarkan.

Membuat Bundaran Halo

Salah satu cincin kawin yang sering dipilih pasangan adalah cincin dengan hiasan timbul. Apabila Anda memilihnya, maka proses membuat bundaran halo menjadi proses selanjutnya. Bundaran halo bisa menggunakan bahan sesuai tubuh cincin atau bahan lainnya. Setelah jadi, bundaran halo akan langsung dipasang pada tubuh cincin menggunakan solder. Proses menyolder menggunakan bahan yang sama agar tidak menimbulkan bekas.


Membuat Setting Hiasan

Proses selanjutnya yaitu membuat setting hiasan untuk cincin simpel yang memakai hiasan. Penambahan hiasan ini sesuai dengan desain yang disepakati sebelumnya. Jadi akan berbeda pada setiap model cincin yang dipilih. Oleh sebab itu, proses membuat setting memakan waktu yang berbeda. Semakin rumit hiasannya, maka akan semakin lama proses pembuatannya. Akan tetapi cincin simpel biasanya memakai hiasan minimalis sehingga proses pembuatan lebih cepat.

Tahap Akhir atau Pemolesan

Tahap akhir pembuatan cincin kawin adalah pemolesan. Cincin harus dipoles agar sempurna untuk pernikahan Anda. Proses pemolesan ini tergantung dari pengrajin atau toko perhiasan yang Anda pilih. Selain itu, ada beberapa jenis logam yang membutuhkan pemolesan lebih banyak. Contohnya emas putih harus dilapisi oleh rhodium agar lebih indah dan berkilau. Sedangkan emas kuning dan rose gold tidak perlu dilapisi rhodium.

Itulah tahapan dan proses membuat cincin kawin simpel. Jika Anda tidak ingin memesan cincin custom, Mondial Jeweler memiliki banyak koleksi cincin yang siap beli. Salah satu koleksi terbaru dan terbaiknya yaitu cincin berdesain solitaire yaitu Moira. Cincin couple ini unik namun tetap simpel dan menarik. Material yang dipakai adalah white gold dan rose gold yang sangat cantik. Cincin Moira dari Mondial Jeweler bisa Anda dapatkan di gerai terdekat. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.