Pengunjung Blog



Pentingnya Bonding Sejak Dini antara Ibu dan Anak



Menciptakan koneksi emosional yang mendalam atau bonding antara ibu dan anak sejak dini merupakan faktor kunci dalam perkembangan anak. Ini adalah sebuah ikatan yang akan terus berkembang sepanjang hidup dan akan membawa kebahagiaan yang tidak ternilai dalam sebuah hubungan.


Keterikatan emosional ini tidak hanya menjadi proses yang menyenangkan, tetapi juga sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan kesejahteraan anak. Membangun keterikatan emosional sejak dini, yang dimulai sejak bayi lahir memiliki banyak manfaat penting, berikut beberapa alasan mengapa bonding sejak dini sangat penting dilakukan:


1. Membentuk Kepercayaan Diri dan Emosional


Membangun ikatan dengan si Kecil sejak dini membantu bayi merasa aman, nyaman dan merasa sangat dicintai. Dengan perlakuan seperti ini akan membentuk dasar untuk perkembangan kepercayaan diri dan emosional, karena bayi yang merasa terikat secara emosional dengan orang tuanya lebih mungkin mengembangkan rasa percaya diri yang kuat.


2. Meningkatkan Perkembangan Otak


Stimulasi yang diberikan melalui ikatan emosional sejak dini mempunyai dampak positif pada perkembangan otak bayi. Melalui ikatan emosional yang baik akan membantu membangun jalur saraf yang penting untuk perkembangan kognitif dan emosional. Interaksi dengan orang tua merangsang perkembangan bahasa dan kemampuan berbicara bayi.


3. Mendorong Untuk Kehidupan Bersosial


Keterikatan antara orang tua dan bayi merupakan pondasi untuk hubungan sosial yang sehat dan membangun emosional anak di masa depan, karena anak yang mempunyai keterikatan emosional yang baik dengan orang tua cenderung lebih mudah untuk menjalin hubungan sosial yang positif dengan orang lain.


4. Mengurangi Stres Bayi


Kontak kulit dengan kulit, pelukan dan perhatian yang diberikan membantu mengurangi tingkat hormon stres dalam tubuh bayi, bayi yang merasa terhubung secara emosional dengan orang tua cenderung lebih mudah meredakan stres. 


5. Membentuk Pola Hubungan Orang Tua Anak


Melalui hubungan antara orang tua dan anak adalah model untuk hubungan lain dalam hidup anak. Melalui perlakuan yang positif, anak akan belajar tentang komunikasi, kasih sayang dan dukungan, dengan begitu akan membentuk pola hubungan yang akan mereka terapkan dalam hubungan di masa depan.


Bonding sejak dini adalah investasi penting dalam perkembangan anak, selain itu bantu lengkapi suplemen vitamin anak dengan Blackmores Koalakids Body Shield untuk memelihara daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit berkat kandungan vitamin A, C, E, D dan zinc yang baik untuk si Kecil.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.