Pengunjung Blog



Pasar Malam Sekaten: Semarak Tradisi dan Hiburan di Bulan Mulud

Pasar Malam Sekaten

Setiap tahun, Yogyakarta selalu merayakan tradisi Sekaten dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Salah satu bagian yang paling dinanti-nantikan dari perayaan ini adalah Pasar Malam Sekaten. Tahun ini, Pasar Malam Sekaten kembali hadir di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta mulai tanggal 8 hingga 16 November 2023.


Pasar Malam Sekaten menawarkan berbagai macam hiburan dan jajanan tradisional yang menarik. Pengunjung dapat menikmati berbagai permainan rakyat seperti bianglala, kora-kora, dan odong-odong. Bagi pecinta kuliner, terdapat berbagai jajanan tradisional yang lezat seperti gudeg, bakpia, dan kipo. Selain itu, terdapat pula berbagai pertunjukan seni dan budaya yang memeriahkan suasana Pasar Malam Sekaten.


Sejarah dan Makna Tradisi Sekaten


Tradisi Sekaten telah ada sejak zaman Kesultanan Mataram Islam. Kata "Sekaten" berasal dari bahasa Jawa "Selawe" yang berarti "selamatan". Tradisi ini diadakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan sekaligus sebagai bentuk syukur atas panen padi yang berlimpah.


Pada masa lampau, Sekaten merupakan sebuah ritual keraton yang sakral. Upacara ini diawali dengan penabuhan gamelan Sekaten dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Puncak acara Sekaten adalah Grebeg Maulud, yaitu tradisi pembagian gunungan yang berisi makanan dan hasil bumi kepada masyarakat.


Pasar Malam Sekaten: Perpaduan Tradisi dan Hiburan Modern


Seiring berjalannya waktu, Pasar Malam Sekaten menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tradisi Sekaten. Pasar malam ini menjadi ajang bagi masyarakat untuk bersuka ria dan menikmati berbagai hiburan.


Meskipun tradisi Sekaten telah mengalami banyak perubahan, esensi dan maknanya tetap terjaga. Pasar Malam Sekaten menjadi simbol keragaman budaya dan tradisi Yogyakarta yang masih dilestarikan hingga saat ini.


Bagi wisatawan yang ingin merasakan kemeriahan Pasar Malam Sekaten, berikut beberapa tips:


  • Kunjungi Pasar Malam Sekaten pada sore atau malam hari untuk menghindari cuaca panas.

  • Gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang sesuai untuk berjalan kaki.

  • Bawalah uang tunai secukupnya karena tidak semua pedagang menerima pembayaran non-tunai.

  • Jangan lupa untuk mencicipi berbagai jajanan tradisional yang lezat.

  • Jagalah barang bawaan Anda dan selalu berhati-hati saat berada di keramaian.

  • Pasar Malam Sekaten merupakan salah satu tradisi budaya yang menarik untuk dikunjungi. 


Selain dapat menikmati berbagai hiburan, pengunjung juga dapat mempelajari sejarah dan makna tradisi Sekaten.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.