Pengunjung Blog



Faktor Yang Menentukan Besarnya Biaya Asuransi

Memiliki mobil pribadi memang menjadi suatu kebutuhan bagi orang – orang yang mobilitas sangat tinggi. Namun memiliki mobil sendiri tentunya memiliki resiko tersendiri. Mengendarai mobil di tempat ramai tentunya sangat beresiko mengalami kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, sangat penting melindungi mobil dengan asuransi. Dengan mengikuti asuransi mobil, maka semua resiko yang harus dikeluarkan jika mobil mengalami kecelakaan atau hal lain yang tidak diinginkan akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Namun terkadang banyak orang yang menganggap belum terlalu urgent untuk memiliki asuransi mobil. Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan mereka memilih untuk lebih berhati – hati dalam mengendarai mobil. Selain itu, hal lain yang menjadi bahan pertimbangan tidak mengikuti asuransi mobil adalah biaya asuransi mobil baru yang dianggap sangat mahal. 

Biaya asuransi mobil adalah biaya yang harus dibayar oleh pemegang polis asuransi setiap bulan atau dalam waktu yang telah disepakati. Biaya ini dikenal dengan nama premi asuransi. Besarnya premi asuransi yang harus dibayar tentunya tidak sama. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besarnya biaya asuransi tersebut. Pertama, biaya premi biasanya ditentukan berdasarkan jenis asuransi yang diikuti. Jika peserta mengikuti asuransi asuransi all risk, maka biaya premi yang harus dibayar akan lebih besar dari pada asuransi TLO. 

Hal tersebut disebabkan tanggungan resiko kerusakan yang diberikan lebih besar. Asuransi all risk akan menanggung seluruh kerusakan yang dialami mobil. Sedangkan asuransi jenis TLO hanya akan menanggung biaya kerusakan yang lebih dari 75 % sehingga mobil tidak bisa digunakan. Kedua, besarnya biaya asuransi ditentukan oleh nilai tanggungan. Dalam hal ini nilai tersebut adalah harga mobil yang diasuransikan. Semakin besar nilai tanggungan maka permi yang harus dibayar juga semakin besar. 

Dengan demikian, biaya asuransi mobil baru akan lebih besar daripada mobil lama. Ketiga, jika pemegang polis melakukan perluasan tanggungan dengan resiko kerusuhan, kehilangan, dan lain sebagainya. Maka biaya premi yang harus dibayar setiap bulannya pasti membengkak. Oleh karena itu, pemilik mobil harus lebih cermat dalam memilih asuransi yang akan diikuti.
Diberdayakan oleh Blogger.