Pengunjung Blog



Cara Bijak Menghadapi Delay Pesawat Saat Mudik

Sekarang ini, mudik bukan lagi hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Musik telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia. Banyak versi tentang kemunculan budaya mudik di Indonesia ini. Salah satu versi menyebutkan bahwa mudik berasal dari kata mudik yang sering digunakan oleh santri yang tinggal di asrama (merantau dari rumah). Biasanya, santri ini akan pulang setahun sekali saat menjelang lebaran Idul Fitri ke udik (kampung halaman). Semakin kesini, budaya mudik pun tidak hanya di pakai bagi kalangan santri saja, tetapi bagi semua masyarakat Indonesia yang merantau dan akan pulang kampung saat menjelang lebaran Idul Fitri. 

Dengan berkembangnya mudik menjadi sebuah budaya komunal, mendorong setiap orang yang merantau untuk melakukan segala cara agar bisa kembali ke kampung halaman. Berjuta-juta orang akan melakukan mudik dan setiap roda transportasi pun akan mengalami peningkatan penumpang hingga berkali-kali lipat, termasuk pesawat. Menggunakan pesawat merupakan cara alternatif untuk menghindari kepadatan jalur darat. Mudik menggunakan pesawat haruslah diperhatikan betul-betul, baik itu dari segi perencanaan pembelian tiket sampai penggunaan asuransi travel ketika pesawat mengalami gangguan, biasanya ialah delay.

Data yang dirilis kementerian perhubungan atau pun angkasa pura, tren mudik menggunakan pesawat setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berjuta-juta pemudik yang menggunakan pesawat, tentunya di rawat betul agar kepercayaan pemudik bisa meninggi. Terkadang, dengan meningkat tajamnya penerbangan saat mudik, tidak jarang pesawat terganggu penerbangannya. Hal itu membuat pesawat lain pun ikut terkena dampaknya. Waktu yang molor tentunya akan sangat merugikan penumpang. Maka dari itu, sebelum naik pesawat, penumpang setidaknya mengerti hak apa saja yang didapat apabila terjadi gangguan, terutama delay. Hal itu agar penumpang benar-benar tidak dirugikan oleh maskapai yang melakukan delay.

Untuk semakin melindungi penumpang dari gangguan penerbangan semacam delay pesawat, anda pun bisa menggunakan asuransi travel. Penggunaan asuransi semacam ini, justru akan sangat menguntungkan jika terjadi delay. Karena kerugian anda akan di ganti secara signifikan, dan mudik pun akan nyaman tanpa mengganggu puasa anda.
Diberdayakan oleh Blogger.