Pengunjung Blog



Tips Mengatasi Balita Susah Makan


Tumbuh kembang buah hati merupakan hal yang harus menjadi perhatian para orang tua. Tumbuh kembang ini ditentukan oleh banyak hal, salah satunya adalah pola makan si kecil. saat buah hati berusia 6 bulan, maka saatnya anda memberikan asupan makanan padat pendamping ASI. Di usia ini anda harus sangat cermat mengatur pola makannya seperti memberikan bubur susu, sari buah, dan secara bertahap pada makanan bertekstur lebih padat seperti nasi tim, dan seterusnya. 

Saat balita susah makan, hal itu biasanya membuat orang tua stres dan khawatir akan kecukupan gizi si kecil. Biasanya ada beberapa penyebab si kecil susah makan di tahun pertamanya seperti menolak makanan, tidak suka sayuran, hanya suka makanan itu-itu saja, atau mengemut makanannya berlama-lama. Berikut ini beberapa tips mengatasi anak susah makan:

Sajikan makanan dalam porsi kecil
Mengingat lambung buah hati belum mampu menampung makanan dalam jumlah banyak, maka anda bisa menyiasati balita susah makan dengan memberinya porsi makan lebih kecil, dan anda bisa memberinya makanan sedikit demi sedikit.

Variasi makanan
Anda bisa mencoba berkreasi membuat beberapa pilihan menu makanan untuk mengatasi balita susah makan, lalu biarkan si kecil memilih jenis makanan yang ia sukai. Anak biasanya lebih suka dengan jenis makanan yang sesuai dengan pilihannya.

Sajikan makanan dengan menarik
Setelah anda berkreasi membuat banyak pilihan makanan, saatnya menyajikannya dengan menarik. Seperti nasi goreng berbentuk teddy bear atau bebek kecil, dan lain-lain. bentuk ini anda buat hanya membuat anak tertarik. Pastikan nasi goreng tersebut mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang buah hati.

Jadikan makan sebagai momen menyenangkan
Hindari berbagai hal seperti mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti si kecil agar ia mau makan lebih banyak. Hal ini akan membuat anak berpikir bahwa aktivitas makan menjadi sesuatu yang menakutkan dan akan menimbulkan trauma psikologis.

Makan secara teratur
Buatlah jadwal makan secara teratur agar buah hati merasa terbiasa dengan jadwal makannya. Hal ini sama halnya dengan jadwal lainnya seperti jadwal tidur, mandi dan lain-lain.

Itulah 5 langkah sederhana untuk mengatasi anak susah makan, semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.