Pengunjung Blog



Faktor Yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak


Setiap orang tua akan bangga sekali melihat anaknya bisa tumbuh kembang dengan baik. Kita harus memahami dan mengetahui bahwa anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Perbedaan yang sangat mencolok antara anak-anak dan orang dewasa adalah tumbuh kembang. Setiap anak-anak akan mengalami pertumbuhan dengan cepat dan ini tidak terjadi pada orang yang sudah dewasa. Setiap anak akan melakukan pertumbuhan dengan berbeda-beda dan ini sangat tergantung terhadap orang tuanya. Orang tua yang mengetahui cara mendidik anak dan merawat anak dengan cara yang benar akan mampu membuat pertumbuhan anak berjalan dengan baik. Tumbuh kembang anak ini tentu akan sangat cepat sekali dan peran orang tua sangat besar sekali dalam hal pemilihan makanan yang harus kita berikan kepada anak-anak. Ketika memberikan makanan terhadap anak, kita tidak boleh sembarangan karena jika makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan anak, maka anak akan sangat sulit sekali tumbuh kembang dengan baik.

Ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Faktor tersebut antara lain faktor genetik dan lingkungan. Jika anak berada pada lingkungan yang baik, maka anak akan tumbuh dengan sangat baik sekali dalam keadaan baik. Begitu juga sebaliknya jika anak berada di lingkungan yang tidak baik, maka anak akan sangat sulit sekali tumbuh dalam keadaan baik. Maka dari itu kita harus sangat memperhatikan lingkungan disekitar dan harus menciptakan lingkungan yang akan membuat pertumbuhan anak berjalan dengan baik. Jadi bukan hanya faktor makanan saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak, namun lingkungan juga sangat berpengaruh. Selain lingkungan, ternyata faktor keturunan juga sangat mempengaruhi terhadap tumbuh kembang anak. Jadi kita tidak boleh menyalahkan anak-anak ketika anak susah makan atau yang lainnya. Mungkin kita salah dalam memberikan makanan atau pun menempatkan anak pada lingkungan yang tidak baik.

Faktor tersebut diatas harus kita ketahui agar kita bisa merawat anak dengan cara yang benar dan disesuaikan dengan kondisi anak tersebut. Tidak semua anak bisa tumbuh kembang dengan baik karena mungkin seperti yang telah disebutkan diatas terkendala oleh beberapa faktor.
Diberdayakan oleh Blogger.