Pengunjung Blog



2 Hal Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil Dalam Menjaga Kehamilan



Kehamilan merupakan masa-masa istimewa bagi setiap wanita. Walaupun dalam prosesnya disertai dengan berbagai keluhan, mulai dari mual disertai muntah, badan terasa begitu lemas, sulit buang air besar, dan lain sebagainya, tetap saja kehamilan menjadi salah satu hal yang didambakan. Karena dalam waktu kurang lebih sembilan bulan, akan hadir si kecil sebagai anggota baru dalam keluarga.

Setiap pasangan suami isteri, tentu mengharapkan sang cabang bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan optimal, baik secara fisik maupun psikis. Untuk itu, tak heran apabila kemudian berbagai upaya dilakukan demi kebaikannya, pun kebaikan sang ibu. Sebenarnya terdapat banyak cara menjaga kehamilan yang mudah untuk dilakukan, namun terkadang ibu malas untuk melakukannya. Seperti banyak minum air putih, karena khawatir sering buang air.

Sehat dan tidaknya janin yang ada dalam rahim, sangat terkait erat dengan kebiasaan dan kondisi kesehatan ibu. Untuk itu perlu ditingkatkan kembali kesehatan ibu, dan lakukan berbagai kebiasaan yang dapat memberikan pengaruh positif bagi calon bayi. Dan tak kalah pentingnnya, hindari 2 hal berikut ini selama masa kehamilan.

  1. Mengkonsumsi makanan mentah atau bahkan setengah matang berbahan dasar daging, maupun sayuran. Bahan yang mentah terutama daging—misalnya sate bakar—dikhawatirkan di dalamnya masih terkandung bakteri, virus, maupun parasit yang dapat mengganggu pertumbuhan janin. Untuk itu, pastikan konsumsi daging atau sayuran yangt benar-benar telah matang.
  2. Kebiasaan buruk seperti minum alkohol, merokok, mewarnai rambut, menggunakan kosmetik dan semacamnya. Karena hal tersebut dapat meningkatkan resiko bayi lahir cacat, prematur dan lain sebagainya. Mengingat alkoho, rokok, cat rambut serta alat-alat kosmetik, mengandung zat berbahaya yang tidak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin, salah satu diantaranya ialah merkuri.


Itulah dua hal yang harus dihindari oleh ibu hamil, sebagai salah satu cara menjaga kehamilan. Tentu selain dari menghindari kedua hal tersebut, ibu harus tetap mempertahankan pola hidup sehat yang selama ini telah dilakukan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.