Pengunjung Blog



Cara Membuat Anak Cerdas dengan Didikan Alam

Cara Membuat Anak Cerdas dengan Didikan Alam
Katanya, agar anak tidak gampang sakit, harus dibaurkan dengan alam. Agar anak kuat dengan kehidupan ini, harus dikenalkan pada alam. Ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari alam. Cara membuat anak cerdas dengan didikan alam? Kenapa tidak.

Bukankah semua pengetahuan asalnya dari alam. Cuma pengetahuan itu dikemas secara apik lewat buku bercover keren. Dengan mempelajari langsung ke alam, itu malah jauh lebih baik. Menjadikan anak dekat dengan sumber pengetahuan, serta membuat mereka cerdas. Jadi jangan larang anak-anak Anda jika ingin bermain di dunia luar. Karena alam sendiri tempatnya di luar.

Lalu bagaimana cara membuat anak cerdas lewat didikan alam. Seperti apa? Apakah alam akan menjadi guru. Menerangkan di sebuah ruangan, sambil menenteng sepidol?

Tentu tidak. Alam mempunyai cara sendiri untuk mendidik anak-anak. Anda sebagai orang tua, sebagai penghubung kedekatan anak Anda dengan alam, maka lakukanlah hal-hal di bawah ini.
Ajak anak Anda berkebun

Seperti menanam sesuatu di kebun. Dengan itu anak akan diajarkan tentang asal mula tumbuhan itu bisa tercipta. Bagaimana tumbuhan itu yang dulunya kecil bisa besar dengan berjalannya waktu. Kemudian belajar apa saja yang membuat tumbuhan tersebut bisa hidup. Secara tak langsung, mereka telah mempelajari, bagaimana proses kehidupan berlangsung. Dari mulai pertumbahan, hal-hal apa saja yang membuat sebuah, atau sesuatu bisa hidup.

Mengajak anak berpetualang
Berpetualang dengan menjelajahi alam semisal hutan atau taman belakang rumah Anda. Dengan menjelajah seperti itu, anak Anda akan dikenalkan lebih banyak benda-benda di sekitarnya. Kemudian bisa merasakan sesuatu seperti angin. Rasa angin, wujud angin yang tak terlihat, dan lain sebagainya. Anak-anak akan segera tahu semua itu. Tentu tidak hanya angin, contoh saja sinar matahari, teriknya, rasanya, waranya.

Anda mengajak Anak memerhatikan alam
Hanya dengan memerhatikan, Anda bisa mmebuat anak tahu akan sesuatu. Misalnya, Anda mengajak sang anak untuk melihat bagaimana waktu pagi datang, sinar surya yang menyinar terik di kala siang. Matahari yang turun dari belahan dunia lain. Ketika malam datang. Langit gelap. Anda mengajak anak memerhatika itu. Otomatis Anda saat itu memberitahu pada sang buah hati, “Begitu lho, Nak. Kehidupan kita di bumi ini.”

Anak akan menjadi cerdas saat tahu bagaimana sesuatu di sekitarnya bertugas.
Inilah cara membuat anak cerdas yang terbaik. Apapun itu, yang terbaik itu ada di alam.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.