Pengunjung Blog



Resep Makanan Tradisional Lek Tau Suan Khas Pontianak

Resep Makanan Tradisional Lek Tau Suan Khas Pontianak
Resep Makanan Tradisional
Mengenal ragam makanan tradisional dari berbagai daerah merupakan identitas diri warisan budaya yang dapat kita perkenalkan dan dilestarikan ke banyak orang karena setiap daerah memiliki identitas diri berupa seni, budaya, adat istiadat dan termasuk juga kulinernya. Begitu juga dengan Resep Makanan Tradisional khas Pontianak yang cukup terkenal di daerahnya. 

Makanan kahs dari Pontianak yang satu ini adalah Lek Tau Suan, makanan ini bahan utama yang digunakannya adalah kacang hijau, sekilas mirip bubur kacang hijau namun ada perbedaan yang menarik dari makanan ini.
Resep Makanan Tradisional Lek Tau Suan Khas Pontianak
Resep Makanan Tradisional
Kita coba saja resepnya. Bahan-bahan yang harus dipersiapkan: 

- 150 gr kacang hijau yang telah dikupas, cuci bersih dan renda, selama kurang lebih 30 menit 
- 2 sdm gula pasir Gulaku 
- 4 lembar daun pandan 
- 3 sdm gula merah 
- 3 sdm tepung sagu, yang telah dilarutkan dalam 3 sdm air 
- 3 buah cakue dipotong-potong untuk pelengkap 
- 1/8 sdt garam 

Cara membuatnya: 
  1. Kacang yangsudah di rendam tadi tiriskan dengan saringan ataupun kain bersih, kemudian kukus di dalam dandang yang telah diisi air mendidih selama kurang lebih 20 menit. Angkat dan angin-anginkan. 
  2. Selanjutnya, rebus air bersama gula pasir, gula merah dan daun pandan, serta garam, sampai mendidih. Kemudian masukan kacang hijau yang telah di kukus tadi, rebus selama kurang lebih 5 menit. 
  3. Masukan kedalam larutan tepung sagu, masak sambil diaduk sampai kuahnya mengental dan angkat. 
  4. Sajikan Tau Suan yang masih hangat dengan taburan irisan cakue, dijamin enak dan menggugah selera. 
Resep Makanan Tradisional khas Pontianak ini menjadi salah satu makanan favorite di daerah tersebut, sehingga makanan ini menjadi salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat di sana. Mengenal lebih banyak kuliner khas dari berbagai daerah merupakan salah satu ciri kayanya warisan kuliner Indonesia yang masih eksis sampai sekarang dan menjadi ciri dari daerah itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.