Pengunjung Blog



Hal yang Perlu Dihindari Ketika Mengasuh Anak


Memiliki seorang anak merupakan sebuah kebahagiaan yang dirasakan oleh setiap orangtua. Akan tetapi dibalik kebahagiaan tersebut terdapat tanggung jawab yang sangat besar karena setiap orang tua memiliki kewajiban untuk mendidik dan membentuk anak mereka menjadi seorang anak yang berkepribadian baik dan memiliki kecerdasan yang maksimal. Tidak jarang para orang tua menerapkan pola asuh yang salah ketika mengasuh anak sehingga lambat laun mereka tumbuh menjadi seorang anak yang tidak sesuai dengan keinginan orang tuanya.


Agar anak-anak kita mampu tumbuh dengan kecerdasan dan kepribadian yang baik ada baiknya semua orang tua perlu menghindari beberapa hal berikut ketika mengasuh anak. Hal pertama adalah hindari bersikap otoriter. Kebanyakan orang tua akan memaksakan segala kehendak yang diinginkan kepada anak-anak mereka. Padahal sebetulnya hal tersebut kurang baik untuk perkembangan emosional sang buah hati karena bisa saja hal tersebut menjadi pemaksaan dan mengekang kreativitas dan bakat yang dimiliki oleh sang buah hati.



Hal selanjutnya yang harus dihindari ketika mengasuh sang buah hati adalah mengeluarkan kata-kata kasar maupun tidak pantas. Anak-anak khususnya yang masih berusia balita biasanya belajar untuk mengingat kosakata baru yang mereka dapatkan dari orang-orang yang ada di sekitarnya agar buah hati kita mampu menyimpan kosa kata yang baik dan sopan ada baiknya kita menghindari mengeluarkan kata-kata yang kurang pantas khususnya ketika di depan buah hati kita.


Hal berikut yang harus dihindari ketika mengasuh anak adalah memberikan makanan yang tidak sesuai dengan usianya. Makanan yang dikonsumsi oleh setiap anak secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kondisi tubuhnya. Oleh karena itu setiap orang tua harus memastikan setiap makanan yang diberikan oleh mereka layak untuk dikonsumsi dan sesuai dengan usia buah hatinya sendiri.


Memastikan lingkungan yang aman dan terpercaya menjadi kewajiban bagi setiap orang tua karena selain pola asuh yang kurang tepat, lingkungan juga akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan mental dan kecerdasan seorang anak. Bersihkan lingkungan keluarga dan lingkungan bermain anak-anak kita mampu memberikan hal positif dan membentuk mereka menjadi seorang anak yang cerdas dan memiliki kepribadian yang baik.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.