Pengunjung Blog



Mengenal Apa Itu Proses Pasteurisasi Susu


Apakah Anda pernah mendengar susu pasteurisasi? Susu pasteurisasi adalah susu yang mengalami proses pasteurisasi untuk menghilangkan kandungan berbahaya pada susu mentah. Sebenarnya, apa itu pasteurisasi susu dan apa manfaatnya? Simak melalui artikel ini!

Apa Itu Proses Pasteurisasi

Pasteurisasi merupakan proses pemanasan yang menggunakan suhu di bawah 100 derajat celcius untuk menghilangkan mikroba, kuman, ataupun mikroorganisme berbahaya. Selain susu, pasteurisasi juga dilakukan pada jenis minuman lain seperti jus buah. 

Peralatan yang digunakan untuk melakukan pasteurisasi adalah peralatan yang bisa diatur suhu dan waktunya. Setidaknya, ada empat jenis proses pasteurisasi pada susu yaitu HTST atau high temperature short time, LTLT atau low temperature long time, UHT atau ultra high temperature, dan ultra pasteurization. Keempatnya menggunakan suhu dan juga waktu yang berbeda.

Manfaat Proses Pasteurisasi Susu

Proses pemanasan yang dilakukan menawarkan beberapa kelebihan pada suhu yang Anda beli, berikut di antaranya:

1. Tidak Mengandung Bakteri dan Mikroorganisme Berbahaya

Proses pasteurisasi menggunakan suhu sedang sampai tinggi untuk membunuh bakteri dan juga mikroorganisme berbahaya penyebab penyakit. Adapun penyakit yang bisa disebabkan oleh bakteri yaitu demam tifoid, listeriosis, tuberkulosis, dan juga difteri. Dengan begitu, susu yang Anda konsumsi akan lebih sehat dan aman.

2. Kandungan Nutrisi Terjaga

Anda takut kandungan nutrisi susu hilang karena proses pemanasan? Tenang saja, pasteurisasi tidak membuat kandungan nutrisi di dalam susu murni hilang atau rusak. Proses pasteurisasi dilakukan dalam waktu singkat untuk menjaga kandungan di dalamnya agar tetap baik. 

3. Bisa Bertahan Lama

Manfaat pasteurisasi yang terakhir yaitu bisa bertahan lama. Dibandingkan susu mentah, susu pasteurisasi bisa bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama. Meskipun begitu, Anda tetap harus tahu bagaimana penyimpanannya untuk menjaga ketahanannya. 

Itulah informasi mengenai proses pasteurisasi susu yang perlu Anda ketahui. Mencari susu pasteurisasi yang berkualitas? Anda bisa memilih susu segar dan alami dari Greenfields. Greenfields adalah pionir susu segar pasteurisasi nomor 1 pilihan keluarga Indonesia. Jujurly Pure, Jujurly Fresh. 100% susu segar berasal dari peternakan terbesar di Indonesia. Yuk, beli susu favorit Anda sekarang juga!


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.