Pengunjung Blog



Beberapa Cara Belajar Membaca yang Mudah dan Sederhana


Ada banyak sekali cara belajar membaca yang bisa dipilih. Berbagai cara untuk belajar membaca bisa digunakan untuk membantu anak dalam belajar membaca. Cara-cara berikut ini akan membuat belajar membaca tak lagi terasa seperti belajar. Belajar pun tak lagi membosankan. Cara pertama adalah dengan menggunakan karpet huruf. Karpet huruf adalah suatu karpet yang tiap potongannya memiliki satu alfabet. Karpet ini bisa dibongkar pasang dan digabungkan dengan karpet lainnya. 

Anda bisa bermain dengan karpet ini bersama anak anda. Permainan yang paling mudah adalah bermain tebak-tebakan. Tentunya, anda perlu memberi tahu terlebih dahulu. Dalam permainan pengenalan huruf ini, anda tidak perlu memulai dari banyak huruf. Lima hingga sepuluh huruf sudah cukup untuk setiap harinya. Secara berkala, permainan ini bisa digunakan agar anak anda bisa menghafalkan huruf tanpa harus merasa belajar.

Setelah belajar menghafalkan huruf, anak anda pun sudah saatnya mengetahui cara membaca. Anda tidak perlu khawatir. Karpet huruf pun masih bisa digunakan. Anda bisa memulai dengan kata-kata sederhana dan kata-kata yang pendek dengan satu atau dua suku kata. Secara perlahan, anak anda akan mulai bisa mengeja kata. Bila hal ini dilatih secara teratur, maka anak anda pun akan semakin mahir dalam mengeja dan mengetahui cara membaca. Tentunya, anda tidak boleh terlalu memaksakan anak anda. Justru, anda bisa mencoba memberikan hadiah setiap anak anda berhasil melakukan sesuatu. Dengan demikian, anak anda pun akan semakin tertarik untuk belajar.

Cara lainnya adalah dengan media gambar dan huruf. Dalam cara belajar membaca ini, anda akan membutuhkan beberapa gambar benda atau binatang, serta huruf dari gambar tersebut. Anda bisa memulai dari gambar binatang atau benda kesayangan anak anda. Tentunya, anda perlu mencari kata-kata yang mudah dibaca dan tidak terlalu panjang. Cara ini juga efektif karena anak anda akan belajar dari hal-hal yang sebenarnya sudah diketahui, hanya huruf dan cara membacanya saja yang belum tahu. Dengan menggunakan beberapa cara tersebut, maka belajar membaca pun akan jauh lebih menarik dan menyenangkan bagi anda dan anak anda.
Diberdayakan oleh Blogger.