Pengunjung Blog



Sajian Lezat dan Sehat di Hari Weekend


Saat hari libur akhir pekan tiba, kebanyakan keluarga berkumpul bersama untuk sekedar berolahraga pagi bersama, jalan – jalan maupun arisan keluarga di rumah. Apapun kegiatan yang dilakukan di akhir pekan, membuat para Ibu memikirkan ide menu sehat apa yang akan dibuat sebagai makanan yang dapat disajikan pada saat berkumpulnya keluarga tersebut. dari pada bingung, dan tinggal 1 hari lagi akan tiba libur akhir pekan, mari kita coba buat kreasi lumpia basah isi sayuran. Lumpia basah memang merupakan salah satu makanan khas Semarang yang tak hanya di sukai oleh warga Semarang saja, melainkan juga di sukai oleh semua orang di mana pun mereka tinggal, nah tak perlu jauh – jauh ke Semarang untuk memperolehnya, karena kita dapat membuatnya sendiri dengan cara mudah dan bahan yang mudah serta murah untuk ditemukan.
Bahan yang harus anda persiapkan di antaranya 150 gram tepung terigu, ½ sdt baking powder, 2 butir telur, 50 g Dancow Fullcream dari Nestle, 1 buah Maggi Kaldu Blok Ayam, 250 ml air dan 60 g minyak sayur. Sementara untuk bahan isian lumpia, anda membutuhkan ½ suing bawang Bombay dicincang, 3 siung bawang putih dicincang, 2 sdm daging giling, 1 buah wortel di potong tipis, 50 g taoge, 2 batang daun bawang diiris tipis, garam, gula, dan merica secukupnya. Cara membuat lumpia basah isi sayuran ini sangat mudah, dan berikut 3 langkah mudah untuk membuatnya.
  1. Untuk membuat kulit lumpia, anda dapat mencampurkan semua bahan jadi satu, aduk sampai tercampur rata, panaskan wajan anti lengket, buat dadar tipis dan lakukan proses tersebut hingga adonan lumpia habis.
  2. Untuk membuat isian, panaskan sedikit minyak, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum, masukan daging giling, lalu aduk hingga berubah warna. Tambahkan wortel, taoge, daun bawang, garam gula dan merica, lalu masak hingga matang, dan angkat.
  3. Setelah membuat kulit lumpia dan isian selesai, barulah sajikan lumpia dengan cara ambil selembar demi selembar kulit lumpia, masukan bahan isian, lalu gulung dan sajikan di dalam piring.

Agar lebih enak dan nikmat, anda dapat menyirami lumpia tersebut dengan saus sesuai selera, cara membuat sausnya pun cukup mudah, anda hanya perlu merebus air, masukan gula merah, bawang putih, dan cabai rawit hingga mendidih. Tambahkan asam jawa dan garam masak hingga mengental, angkat dan siramkan pada lumpia basah tersebut. Menu sehat untuk weekend ini akan lebih lengkap jika disajikan bersama Hot Milo dari Nestle yang dapat dibuat dengan mudah.   
Diberdayakan oleh Blogger.