Pengunjung Blog



Cara Mengatur Keuangan untuk Masa Depan

cara mengatur keuangan
cara mengatur keuangan

Ekonomi masyarakat di Indonesia saat ini sangat sulit diprediksi, terkadang naik, kadang pula turun tak terduga. Cara mengatur keuangan yang baik akan menyelamatkan diri dari berbagai hal mendadak, salah satunya seperti biaya rumah sakit salah satu anggota keluarga. Selain itu juga bisa untuk mendapatkan hal yang telah di impikan sejak lama, misalnya saja hunian asri.

Menabung adalah langkah tepat untuk mempersiapkan finansial sejak awal, baik itu bagi karyawan, ibu rumah tangga, maupun anak sekolah. Menyisihkan uang di celengan biasa tentu sangat rentan terhadap kehilangan dan mengambilnya ketika keadaan tidak darurat. Godaan mengambil begitu berat, karena membongkarnya yang sangat mudah.


Kini menabung dengan aplikasi semakin digemari masyarakat milenial, karena kemudahan dan keamanannya. Contohnya saja aplikasi Jenius dari Bank BTPN yang bisa digunakan pada smartphone android maupun iOs dengan praktis dan cepat.

Cara mengatur keuangan lainnya untuk mencapai target masa depan adalah dengan berinvestasi. Mungkin terdengar cukup rumit dan hanya untuk mereka yang memiliki pendidikan tinggi saja. Padahal sekarang ini banyak sekali jenis investasi yang cocok bagi semua kalangan, bahkan untuk para pelajar.

Beragam jenis investasi yang bisa dilakukan, jika ingin berinvestasi berupa uang, terdapat deposito dari aplikasi Jenius. Produk ini lebih mudah, dengan modal minim, tapi mudah dalam pencarian kembali. Cocok untuk para pemula yang ingin mulai menyiapkan masa depan jangka waktu cenderung pendek.

Lalu selanjutnya, ada jenis investasi dari binatang ternak, seperti sapi, domba, dan lainnya. Ini memerlukan waktu dan dana yang cukup besar, tapi tidak akan lekang oleh waktu. Setiap tahun, berapa banyak hewan ternak yang dibutuhkan masyarakat untuk berkurban. Hal itulah yang menyebabkan jenis investasi ternak masih diminati.

Terakhir, jenis investasi berupa emas khususnya yang murni dalam bentuk batangan atau koin (dinar). Harganya pun hampir selalu naik setiap tahunnya, penyimpanan mudah karena rupanya yang kecil dan mudah dibawa. Sangat cocok untuk investasi jangka panjang, baik itu sekadar sebagai dana simpanan, maupun untuk keperluan lainnya di masa yang akan datang.

Dari ketiga jenis investasi ini, memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Semuanya tetap membutuhkan cara mengatur keuangan yang tepat dan baik, mulai dari perencanaan hingga pembukuan. Sebaiknya lakukan sejak memperoleh gaji atau uang bulanan, bukan dari sisa berbelanja. Maka akan lebih mudah menabung untuk masa depan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.