Pengunjung Blog



Atur Pola Makan untuk Menjaga Berat Badan Ideal

berat badan ideal anak 2 tahun
Berat badan ideal anak 2 tahun

Setiap bunda tentunya menginginkan anaknya memiliki berat badan ideal anak 2 tahun, sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Usia 2 tahun merupakan masa dimana pertumbuhan anak harus diawasi oleh orang tua sehingga orang tua dapat menyajikan makanan atau minuman dengan kandungan gizi yang baik untuk pertumbuhannya. 

Nah bagi Anda yang memiliki anak usia 2 tahun, berikut adalah tips menjaga berat badan ideal anak 2 tahun:


  • Perhatikan makanan berkalori


Perlu diketahui bahwa anak yang berusia 2 - 3 tahun memerlukan sekitar 1000 kalori per harinya. Hal ini berbeda dengan anak usia 4 – 8 tahun yang membutuhkan 1200 – 1400 kalori per harinya. Terdapat beberapa makanan yang mengandung kalori yang baik untuk pertumbuhan si kecil seperti telur, ayam, salmon, buah pisang, alpukat, dan lain sebagainya.

  • Perhatikan asupan lemak sehat


Lemak sehat juga merupakan salah satu kandungan yang penting bagi pertumbuhan si kecil. Namun perhatikan juga berat badan si kecil, jangan sampai memberikan makanan yang mengandung lemak secara berlebih sehingga berat badannya kurang seimbang. Adapun beberapa makanan yang mengandung lemak sehat yaitu saus krim, keju leleh, minyak zaitun, mayones pada pasta atau sayur-sayuran, mentega, dan juga susu segar. Nah pemberian makanan yang mengandung lemak ini sangat cocok bagi anak yang lebih aktif dan gemar berolahraga.

  • Karbohidrat juga penting


Karbohidrat merupakan salah satu zat yang juga tak kalah penting untuk menjaga berat badan ideal bagi si kecil. Sebenarnya karbohidrat bisa didapatkan dari makanan seperti nasi. Selain itu beberapa camilan seperti buah-buahan kering, kismis, madu, dan granola juga dapat digunakan untuk menambah karbohidrat anak.

  • Atur pola minum pada saat makan


Minum khususnya air putih juga penting untuk menjaga berat badan ideal anak 2 tahun. Dalam hal ini terlalu banyak minum secara bersamaan saat makan dapat membuat anak menjadi cepat kenyang sehingga kebutuhan kalori harian bisa saja tidak tercukupi. Untuk itu pastikan Anda mengajarkan cara makan yang baik yaitu dengan mengunyah makanan perlahan hingga halus dan menelannya daripada harus terbiasa dibantu dengan air.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.