Pengunjung Blog



5 Cara Penting Untuk Merawat Kulit Kombinasi

Tentu sangat mudah jika kamu memiliki satu jenis kulit wajah saja. Jika kulit kering, kamu membutuhkan pelembab. Jika kulit berminyak, kamu membutuhkan produk yang dapat menyerap minyak. Namun, bagaimana jika wajahmu memiliki jenis kulit kombinasi dari keduanya? Tentu hal ini akan membuat bingung bagaimana melakukan perawatannya. Jika kamu meng-apply-kan pelembab, akan menyebabkan sisi lain dari kulitmu yang berminyak malah bertambah berminyak atau sebaliknya. Salah-salah dalam menggunakan produk, malah membuatmu wajahmu semakin bermasalah.

Namun, kamu tenang saja. Cara-cara berikut ini akan mampu membantumu untuk merawat jenis kulit kombinasi agar selalu terlihat sehat, seperti tidak ada masalah.

Gunakan produk perawatan sesuai area jenis kulitnya

Pada dasarnya, setiap jenis kulit memiliki perawatan yang berbeda-beda. Cara aman untuk mengatasi kulit jenis kombinasi adalah menggunakan kedua jenis produk untuk kulit kering dan normal secara bersamaan. Hanya saja, dibedakan cara penggunaannya di wajah. Kamu bisa melakukan perawatan pada area T dengan produk khusu untuk kulit berminyak dan pada area pipi menggunakan pelembab untuk kulit kering.

Gunakan pembersih wajah yang tepat

Saat ini, telah banyak produk kecantikan yang memang diformulasikan untuk jenis kulit kombinasi. Salah satu perawatan yang wajib dilakukan adalah mencuci muka dengan pembersih wajah. Untuk amannya, kamu bisa menggunakan produk cetaphil gentle skin cleanser, karena memiliki tekstur yang lembut dan berbahan dasar air. Sangat efektif untuk menghilang kotoran di wajah tanpa mengakibatkan kelebihan minyak.

Cuci muka dengan menggunakan air hangat

Daripada menggunakan air dingin, sebaiknya saat kamu mencuci muka, gunakan lah air hangat. Hal ini dapat mengurangi kandungan minyak berlebih pada wajah secara perlahan. Selain itu, uap panas dapat membersihkan kotoran yang mengendap di pori-pori

Gunakan toner

Pada dasarnya, kulit berminyak dan kering memiliki kadar pH yang berbeda. Karena itu, sebaiknya setelah kamu mencuci muka, gunakan toner untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Namun, pastikan toner yang kamu gunakan bebas alkohol.

Lakukan eksfoliasi dua kali seminggu

Lakukan eksfoliasi minimal dua kali dalam seminggu agar sel-sel kulit mati yang mengendap di wajah hilang. Selain itu, eksfoliasi juga membantu mengurangi kadar sebum yang menghasilkan minyak wajah berlebih dapat berkurang.

Melakukan perawatan untuk kulit kombinasi memang tidak mudah, tetapi bukan berarti kamu harus menyerah. Lakukan dengan telaten jika kamu memang benar-benar menginginkan kulit tampak sehat dan sempurna. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.