Pengunjung Blog



Penasaran Bayi 4 Bulan Bisa Apa Saja? Berikut Penjelasannya



Selama tiga bulan pertamanya, Si Kecil biasanya masih sering tidur dan menangis. Namun memasuki usia 4 bulan, bayi mulai bisa melakukan banyak hal baru. Sebagai orang tua Anda harus memantau setiap perkembangan Si Kecil agar tidak ketinggalan. Penasaran bayi 4 bulan bisa apa saja? Berikut di antaranya:

1. Menggulingkan Badan

Otot tangan, kaki, dan perut bayi usia 4 bulan sudah semakin kuat. Karena itu, Si Kecil sudah mulai berusaha menggulingkan badannya dari posisi terlentang ke tengkurap. Bahkan Si Kecil mampu mengangkat kepalanya untuk melihat ke atas saat posisi tengkurap. 

2. Berceloteh

Berceloteh atau babbling biasanya dimulai dari usia 4 bulan. Bayi sudah bisa mengucapkan celotehan tanpa makna seperti “ooo”, “dadada”, “mamama”, dan lain-lain. Celotehan ini biasanya bentuk respon Si Kecil pada lawan bicaranya. 

3. Meraih dan Memegang Benda

Koordinasi, kaki, tangan, dan penglihatan bayi usia 4 bulan juga semakin baik. Tandanya yaitu kemampuan bayi dalam melihat, meraih, lalu memegang benda di sekitarnya. Anda harus hati-hati karena bayi umumnya akan memasukkan benda yang dipegang ke mulutnya.

4. Mengenal Warna

Bayi yang baru lahir atau newborn hanya dapat membedakan dua warna kontras yaitu putih dan hitam. Selanjutnya penglihatannya akan terus berkembang hingga di usia 4 bulan Si Kecil mampu mengenal warna dengan baik. Si Kecil akan tertarik dengan warna seperti biru, merah, hijau, dan kuning. 

5. Tersenyum dan Menunjukkan Banyak Ekspresi

Keterampilan sosial dan emosional juga mulai berkembang di usia 4 bulan. Si Kecil menunjukkan ekspresi tersenyum saat ada yang mengajak bercanda. Banyak juga ekspresi yang bisa dikeluarkan seperti bosan, lelah, lapar, dan lain-lain. 

Nah, itu dia jawaban atas pertanyaan bayi 4 bulan bisa apa saja. Banyak yang bisa dilakukan Si Kecil sehingga membuatnya semakin menggemaskan. Jangan lupa memilih popok yang aman dan nyaman seperti MAKUKU SAP Diapers Pro Care. Popok dengan inti SAP tersebut baik untuk Si Kecil usia 4 bulan karena bisa meminimalisir ruam. Pilihan ukuran MAKUKU SAP Diapers Procare juga sangat beragam. Dapatkan di toko terdekat!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.