Pengunjung Blog



Makanan yang Mengandung Protein Nabati

Esquerda-monarquica - Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan dan pembentukkan otot, sebagai zat pembangun dalam tubuh, serta sebagai cadangan makanan dan energi dalam tubuh. Selain itu protein juga dapat bermanfaat untuk memperbaiki jaringan dan sel yang rusak. Orang dewasa memerlukan asupan protein yang cukup yaitu 10 – 35 % dari kalori yang dibutuhkan. Misalnya jika kebutuhan kalori perhari 100 kalori, maka protein yang harus kita konsumsi adalah sekitar 100 – 350 kalori. Untuk mencukupi kebutuhan protein tersebut dapat kita lakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi protein.

Banyak orang yang lebih memilih untuk mengonsumsi protein yang bersumber dari tumbuhan atau sering disebut protein nabati. Protein nabati banyak dikonsumsi karena dianggap lebih aman dari lemak jenuh. Banyak mengonsumsi lemak jenuh dapat beresiko tingginya kolesterol bahkan penyumbatan pada pembuluh darah ke jantung.

http://esquerda-monarquica.blogspot.com/


Makanan tinggi protein nabati diantaranya adalah tahu dan tempe. Tahu merupakan makanan yang mengandung protein yang tinggi. Pada setiap 4 ons tahu terkandung 100 gram protein. selain harganya yang murah, tahu banyak dikonsumsi karena mudah diolah dan dapat disajikan dengan aneka menu. Makanan khas Indonesia lainnya yang mengandung protein nabati yang tinggi adalah tempe. Tempe merupakan makanan fermentasi dari kacang kedelai yang lezat. Sama halnya sepert tahu, harga tempe cukup terjangkau dan dapat diolah dalam berbagai menu.

Selain tempe dan tahu, banyak jenis kacang – kacangan yang mengandung protein tinggi. Diantaranya kacang polong dan kacang almond. Kacang – kacangan megandung serat dan protein yang tinggi. dalam satu cangkir kacang – kacangan terdapat sekurang – krangnya 12 gr protein. Kacang almond sering digunakan sebagai penambah rasa pada makanan lain. Kacang almond mengandung protein yang cukup tinggi. kacang almond biasanya disajikan dengan makanan sebagai hidangan penutup.

Protein nabati juga banyak terkandung dalam sayur – sayuran dan buah - buahan. Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki nutrisi yang lengkap karena mengandung serat, mineral, vitamin, dan protein. Buah – buahan yang banyak mengandung protein diantaranya buah manggis. Selain mengandung protein yang tinggi, buah manggis juga mengandung banyak mineral dan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Selain buah manggis, buah pisang dan blueberry juga mengandung protein yang cukup tinggi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.