Pengunjung Blog



Kenali Perkembangan Anak di Usia 5-9 Tahun

Pada dasarnya kecerdasan anak bertahap dan mempunyai kemampuan dalam mengembangkan kecerdasannya sendiri yang didukung oleh beberapa faktor sepert nutrisi dan gizi, bahkan anak dalam masa mendapatkan kecerdasannya akan mengalami peningkatan sesuai dengan usianya. Namun secara umum anak yang sudah mulai memasuki dunia bersosialisasi yang sebenarnya dan mengenal lingkungan terbaru dan dunia terbarunya, hal ini biasanya dalam kondisi anak berusia 3 tahun sampai 5 tahun yang sudah mempunyai kemampuan sosial dan interaksi yang mendukung, misalnya anak-anak usia ini sudah menikmati permainan berkelompok dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Dalam masa ini merupakan masa kecerdasan yang sedang meningkat, sehingga peran orangtua dalam membimbing agar anak cerdas perlu langkah tepat.  

Berikut ini tahapan serta masa pergaulan anak di usia 5-9 tahun.
  1. Usia anak di masa 5 sampai 6 tahun
Di usia ini anak biasanya sedang belajar konsep nilai yang lebih kompleks untuk memiliki pergaulan lebih luas dan memiliki lebih banyak teman. Namun pada prinsifnya, anak sudah mampu mengetahui beberapa hal seperti. Mengetahui konsep benar dan salah serta menyadari konsep sopan santun misalnya saat anak berusia 5 tahun, ia sudah mulai memahami norma-norma kesopanan dalam berbicara, dan mempertanyakan apakah ucapannya menyinggung perasaan orang lain atau tidak. Ini adalah kemampuan dasar anak untuk bisa diterima oleh lingkungannya. Selain itu dalam usia 5-6 tahun anak sudah mampu bermain mandiri atau yang cukup untuk bermain tanpa pengawasan. Maka tak heran jika, beberapa sekolah memercayai sekelompok anak bermain tanpa harus selalu didampingi oleh guru dan orangtuanya.
  1. Usia anak di masa 6 sampai 9 tahun
Menginjak usia 7 tahun, biasanya anak mengalami perkembangan luar biasa dalam kemampuan sosial. Misalnya  di usia ini anak mulai mengembangkan keterampilan dasar untuk hidup lebih mandiri secara fisik, intelektual, dan emosional, serta secara sosial, ia memiliki kemampuan seperti sudah bisa berpendapat sendiri dan lebih kritis, Merasakan kekhawatiran, Merasakan malu dan takut salah serta berusaha untuk menutupi hal yang menurutnya malu jika diketahui orang banyak, peran orang tua dalam hal ini adalah mengawasinya serta membimbing anaknya dengan konsep yang membuat ia selalu percaya diri dengan apa yang dilakukan di masa usia 6 sampai 9 tahun.  
Agar anak cerdas berikan ia nutrisi penting dari manfaat susu dancow yang membantu tahap perkembangannnya di usia 5-12 tahun yang mendukung pergaulan anak di usianya seperti di atas.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.